Progress Tugas Besar #5

Berhasil ESP Otomatis dari Codingan

Selamat malam semua!! Hihihi (Tawa kuntilanak), jadi di malam yang sunyi ini, saya masih terbangun untuk mengepost hasil dari progress tugas besar IMKA yang dikerjakan oleh kelompok kami. Jadi, kesimpulannya bahwa progress kelompok kami telah berhasil dalam melakukan pengiriman data melalui ESP8266 menggunakan AT Command yang telah disematkan di dalam kode program. Simak cerita lengkapnya di bawah ini.

(Masih) Tidak Tertampil di Serial Monitor

Jadi awalnya, pada saat pertama kali mencoba merangkai kembali modul ESP8266 dan mencoba mengirimkan data, kami kembali mengalami masalah dengan software serial yang tidak dapat menampilkan status apapun pada layar monitor meskipun telah diberikan perintah begin sebelumnya. Kami sempat bingung dan mencoba berbagai kode program lain dari beberapa referensi kelompok yang memiliki progress lebih jauh dalam pengiriman data ESP 8266. Nah, meskipun sudah menyamakan inti dari kode yang digunakan, bahkan melakukan copy paste secara penuh kode tersebut, masih saja terdapat permasalahan yang sama yaitu tidak munculnya tulisan maupun status apapun di serial monitor. Kami sempat sangat bingung dengan apa yang terjadi, bahkan board Arduino yang digunakan juga sudah disambungkan dengan komputer yang berbeda untuk menjalankan program, akan tetapi hasil yang didapatkan masih tetap sama.

Pin TX,RX yang Tertukar + Malam Tanpa Posting

Setelah melalui kebingungan panjang 115200 keliling kebingungan seperti bit stream di serial monitor (Gak penting), akhirnya kami menemukan permasalahannya. Ternyata eh ternyata bahwa masalah selama ini tidak muncul di serial monitor dan permasalahan yang membuat otak berkedut-kedut pusing pada progress suatu malam hari Jumat, tanggal 15 April 2016 (setelah kelas IMKA pada siang harinya) yang tidak dipost dikarenakan tidak ada kemajuan dari pengerjaan tubes, akhirnya semua doa-doa terjawab (alay) yaitu kami selangkah lebih maju. Setelah menukar pin TX,RX di dalam kodingan, akhirnya kami berhasil memunculkan hasil dan status dari modul ESP8266 ke dalam serial monitor. Jadi permasalahan yang selama ini terjadi HANYA salah pada pendefinisian pin di Arduino yang terhubung dengan pin TX,RX pada modul wifi ESP8266.

Berhasil dari Codingan Yeay!

Kami berhasil melalukan running program dan AT Command pada modul ESP8266 melalui kode program. Setelah terselesaikannya permasalahan dengan pin RX,TX akhirnya bisa memunculkan status pada serial monitor. Akan tetapi, tidak sepenuhnya kami dapat mengirimkan data ke dalam file TXT yang telah dibuat menggunakan file .php pada percobaan minggu sebelumnya. Kami masih mendapati adanya eror sebagai berikut.

Percobaan yang kami lakukan telah membuktikan bahwa status dari modul wifi ESP8266 telah tertampil pada serial monitor. Akan tetapi, hasil pengiriman data temperature masih mengalami eror. Selain itu, masih sering muncul tulisan berkarakter aneh pada serial monitor. Kami mencoba melakukan pengiriman ulang data dan akhirnya berhasil dan dimunculkan pada file TXT.

Send OK ESP

Percobaan Losi (4)

Next Steps, RFID Progress

Setelah kami berhasil mengirimkan data temperatur melalui ESP8266 menggunakan AT Command yang telah dimasukkan dalam kode program, kami melanjutkan untuk melakukan pembacaan RFID. Sebelumnya, kami telah melakukan progress dengan melakukan penyolderan pada perangkan RFID. Akan tetapi, terjadi eror reading saat dicoba untuk melakukan scanning pada tag dan card RFID. Sempat 1 hari penuh bahkan RFID milik kelompok kami, kami titipkan ke salah satu anak jurusan Elektro ITB agar diperbaiki. Ternyata hasilnya masih sama saja dan kami memutuskan untuk membuang timah hasil solder dan kembali menggunakan cara manual. Akan tetapi, meskipun timah sudah di buang tapi penghubung yang terpasang pada RFID tidak dapat di lepas. Karena kami sudah menyerah dengan melepaskan penghubung itu, kami mencoba lagi melakukan pengujian dengan melakukan scanning pada tag dan kartu RFID dan hasilnya berhasil. Kesimpulan kami dari kejadian ini yaitu jangan menggunakan timah solder terlalu banyak.

Setelah itu, kami mencoba kembali untuk mencari kode program untuk membaca isi/ID dari tag ataupun kartu RFID. Kami berencana untuk membaca ID tersebut dan mengirimnya menggunakan modul ESP8266 ke database server dan dilakukan perhitungan mengenai pembayaran biaya parkir nantinya. Berikut ini adalah kode program yang digunakan untuk membaca isi dari tag atau kartu RFID.

<<Link ke kode program baca No.ID>>

Percobaan dilakukan dengan menempelkan kartu RFID dan KTM. Hasil menunjukkan bahwa pembacaannya berhasil dilakukan. Akan tetapi terkadang masih memunculkan karakter-karakter aneh di serial monitor. Berikut ini hasil percobaan yang dilakukan.

Karakter aneh id card

Berikut adalah tampilan serial monitor yang berhasil menghilangkan karakter-karakter aneh yang tertampil.

Success ID CardSuccess ID Card (2)

Setelah melakukan pembacaan tersebut, kami mencoba untuk berprogress kembali dengan mengirimkan hasil bacaan tersebut dan dimasukkan ke dalam variabel yang nantinya akan dikirim menggunakan modul ESP8266 ke database server. Hasil dari pembacaan kartu/tag RFID adalah sebuah array, kami sempat kesulitan untuk mengubah hasil array tersebut ke dalam sebuah string agar dapat terbaca dengan baik pada kode program pengiriman data ESP dan data tersebut berhasil untuk dikirimkan. Setelah mencari ke beberapa referensi, kami berhasil mengirimkan data dan terdapat status 200 OK bahwa data tersebut berhasil terkirim ke server.

<<Link Kodingan ESP+RFID>>

Send OK RFID

Next Agenda (Database & Web Interaction)

Agenda selanjutnya yang akan kami coba adalah mendesain database secar utuh di phpmyAdmin maupun melalui mySQL. Database ini nantinya digunakan untuk menyimpan data-data ID dari pemegang kartu untuk dapat diproses dan memunculkan nominal biaya yang harus dibayarkan pada saat parkir. Selain itu, akan mempersiapkan Web Interaction berupa interface dari web yang ditampilkan baik untuk manajemen parkir dan pemilik kartu RFID. Selain itu, kami juga akan menggabungkan semua komponen menjadi keseluruhan rangkaian yang utuh dari sistem akhir yang akan kami buat yaitu sebuah prototipe dari manajemen parkir di ITB.

Percobaan Losi (17)Percobaan Losi (18)

Referensi

Berikut ini adalah daftar referensi yang digunakan untuk penyusunan tugas.

Leave a comment